Entri Populer

Sabtu, 21 Januari 2012

JENIS KARANGAN BAHASA INDONESIA

PENGERTIAN DARI JENIS KARANGAN:
• Deskripsi
• Narasi
• Eksposisi
• Argumentasi
• Persuasi

1. DESKRIPSI
Karangan ini berisi gambaran mengenai suatu hal/ keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakan hal tersebut.
Contoh deskripsi berisi fakta:
Hampir semua pelosok Mentawai indah. Di empat kecamatan masih terdapat hutan yang masih perawan. Hutan ini menyimpan ratusan jenis flora dan fauna. Hutan Mentawai juga menyimpan anggrek aneka jenis dan fauna yang hanya terdapat di Mentawai. Siamang kerdil, lutung Mentawai dan beruk Simakobu adalah contoh primata yang menarik untuk bahan penelitian dan objek wisata.
Contoh deskripsi berupa fiksi:
Salju tipis melapis rumput, putih berkilau diseling warna jingga; bayang matahari senja yang memantul. Angin awal musim dingin bertiup menggigilkan, mempermainkan daun-daun sisa musim gugur dan menderaikan bulu-bulu burung berwarna kuning kecoklatan yang sedang meloncat-loncat dari satu ranting ke ranting yang lain.
Topik yang tepat untuk deskripsi misalnya:

Keindahan Bukit Kintamani
Suasa pelaksanaan Promosi Kompetensi Siswa SMK Tingkat Nasional
Keadaan ruang praktik
Keadaan daerah yang dilanda bencana
Langkah menyusun deskripsi:
Tentukan objek atau tema yang akan dideskripsikan
Tentukan tujuan
Tentukan aspek-aspek yang akan dideskripsikan dengan melakukan pengamatan
Susunlah aspek-aspek tersebut ke dalam urutan yang baik, apakah urutan lokasi, urutan waktu, atau urutan menurut kepentingan
Kembangkan kerangka menjadi deskripsi

2. NARASI
Secara sederhana narasi dikenal sebagai cerita. Pada narasi terdapat peristiwa atau kejadian dalam satu
urutan waktu. Di dalam kejadian itu ada pula tokoh yang menghadapi suatu konflik.
Narasi dapat berisi fakta atau fiksi.
CIRI-CIRI KARANGAN NARASI
Menurut Keraf (2000:136), ciri karangan narasi yaitu:
Menonjolkan unsur perbuatan atau tindakan.
Dirangkai dalam urutan waktu.
Berusaha menjawab pertanyaan, apa yang terjadi?
Ada konfiks.
Contoh narasi yang berisi fakta: biografi, autobiografi, atau kisah pengalaman.

Contoh narasi yang berupa fiksi:
novel, cerpen, cerbung, ataupun cergam.
Pola narasi secara sederhana:
awal – tengah – akhir

Awal narasi biasanya berisi pengantar yaitu memperkenalkan suasana dan tokoh.
Bagian awal harus dibuat menarik agar dapat mengikat pembaca.

Bagian tengah merupakan bagian yang memunculkan suatu konflik. Konflik lalu diarahkan menuju klimaks cerita. Setelah konfik timbul dan mencapai klimaks, secara berangsur-angsur cerita akan mereda.

Akhir cerita yang mereda ini memiliki cara pengungkapan bermacam-macam. Ada yang menceritakannya dengan panjang, ada yang singkat, ada pula yang berusaha menggantungkan akhir cerita dengan mempersilakan pembaca untuk menebaknya sendiri.
Contoh narasi berisi fakta:
Ir. Soekarno, Presiden Republik Indonesia pertama adalah seorang nasionalis. Ia memimpin PNI pada tahun 1928. Soekarno menghabiskan waktunya di penjara dan di tempat pengasingan karena keberaniannya menentang penjajah.

Soekarno bersama Mohammad Hatta sebagai wakil bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Ia ditangkap Belanda dan diasingkan ke Bengkulu pada tahun 1948. Soekarno dikembalikan ke Yogya dan dipulihkan kedudukannya sebagai Presiden RI pada tahun 1949.

Contoh narasi fiksi:
Aku tersenyum sambil mengayunkan langkah. Angin dingin yang menerpa, membuat tulang-tulang di sekujur tubuhku bergemeretak. Kumasukkan kedua telapak tangan ke dalam saku jaket, mencoba memerangi rasa dingin yang terasa begitu menyiksa.

Wangi kayu cadar yang terbakar di perapian menyambutku ketika Eriza membukakan pintu. Wangi yang kelak akan kurindui ketika aku telah kembali ke tanah air. Tapi wajah ayu di hadapanku, akankah kurindui juga?

Langkah menyusun narasi (fiksi):
Langkah menyusun narasi (fiksi) melalui proses kreatif, dimulai dengan mencari, menemukan, dan menggali ide. Cerita dirangkai dengan menggunakan “rumus” 5 W + 1 H. Di mana seting/ lokasi ceritanya, siapa pelaku ceritanya, apa yang akan diceritakan, kapan peristiwa-peristiwa berlangsung, mengapa peristiwa-peristiwa itu terjadi, dan bagaimana cerita itu dipaparkan.

3. EKSPOSISI
Karangan ini berisi uraian atau penjelasan tentang suatu topik dengan tujuan memberi informasi atau pengetahuan tambahan bagi pembaca.
Untuk memperjelas uraian, dapat dilengkapi dengan grafik, gambar atau statistik.

Contoh:
Pada dasarnya pekerjaan akuntan mencakup dua bidang pokok, yaitu akuntansi dan auditing. Dalam bidang akuntasi, pekerjan akuntan berupa pengolahan data untuk menghasilkan informasi keuangan, juga perencanaan sistem informasi akuntansi yang digunakan untuk menghasilkan informasi keuangan.

Ciri-ciri paragraf eksposisi:
a. Memaparkan definisi (pengertian)
b. Memaparkan langkah-langkah, metode, atau cara melaksanakan suatu kegiatan.

Dalam bidang auditing pekerjaan akuntan berupa pemeriksaan laporan keuangan secara objektif untuk menilai kewajaran informasi yang tercantum dalam laporan tersebut.

Topik yang tepat untuk eksposisi, antara lain:
Manfaat kegiatan ekstrakurikuler
Peranan majalah dinding di sekolah
Sekolah kejuruan sebagai penghasil tenaga terampil.
Tidak jarang eksposisi berisi uraian tentang langkah/ cara/ proses kerja.
Eksposisi demikian lazim disebut paparan proses.

Contoh paparan proses:
Cara mencangkok tanaman:
1. Siapkan pisau, tali rafia, tanah yang
subur, dan sabut secukupnya.
2. Pilihlah ranting yang tegak, kekar, dan
sehat dengan diameter kira-kira 1,5
sampai 2 cm.
3. Kulit ranting yang akan dicangkok dikerat
dan dikelupas sampai bersih kira-kira
sepanjang 10 cm.
Langkah menyusun eksposisi:
Menentukan topik/ tema
Menetapkan tujuan
Mengumpulkan data dari berbagai sumber
Menyusun kerangka karangan sesuai dengan topik yang dipilih
Mengembangkan kerangka menjadi karangan eksposisi.

4. ARGUMENTASI
Karangan ini bertujuan membuktikan kebenaran suatu pendapat/ kesimpulan dengan data/ fakta sebagai alasan/ bukti.
Dalam argumentasi pengarang mengharapkan pembenaran pendapatnya dari pembaca. Adanya unsur opini dan data, juga fakta atau alasan sebagai penyokong opini tersebut.

Contoh:
Jiwa kepahlawanan harus senantiasa dipupuk dan dikembangkan karena dengan jiwa kepahlawanan. Pembangunan di negara kita dapat berjalan dengan sukses. Jiwa kepahlawanan akan berkembang menjadi nilai-nilai dan sifat kepribadian yang luhur, berjiwa besar, bertanggung jawab, berdedikasi, loyal, tangguh, dan cinta terhadap sesama. Semua sifat ini sangat dibutuhkan untuk mendukung pembangunan di berbagai bidang.
Tema/ topik yang tepat untuk argumentasi, misalnya:
Disiplin kunci sukses berwirausaha
Teknologi komunikasi harus segera dikuasai
Sekolah Menengah Kejuruan sebagai aset bangsa yang potensial
Langkah menyusun argumentasi:

Ciri-ciri karangan argumentasi:
Menjelaskan pendapat agar pembaca yakin.
Memerlukan fakta untuk pembuktian berupa gambar/grafik, dan lain-lain.
Menggali sumber ide dari pengamatan, pengalaman, dan penelitian.
Penutup berisi kesimpulan.

Menentukan topik/ tema
Menetapkan tujuan
Mengumpulkan data dari berbagai sumber
Menyusun kerangka karangan sesuai dengan topik yang dipilih
Mengembangkan kerangka menjadi karangan argumentasi

5. PERSUASI
Karangan ini bertujuan mempengaruhi pembaca untuk berbuat sesuatu.
Dalam persuasi pengarang mengharapkan adanya sikap motorik berupa motorik berupa perbuatan yang dilakukan oleh pembaca sesuai dengan yang dianjurkan penulis dalam karangannya.

Topik/ tema yang tepat untuk persuasi, misalnya:

Katakan tidak pada NARKOBA
Hemat energi demi generasi mendatang
Hutan sahabat kita
Hidup sehat tanpa rokok
Membaca memperluas cakrawala
Langkah menyusun persuasi:
Menentukan topik/ tema
Merumuskan tujuan
Mengumpulkan data dari berbagai sumber
Menyusun kerangka karangan
Mengembangkan kerangka karangan menjadi karangan persuasi


#edited by:risma budiarti

Selasa, 17 Januari 2012

Contoh soal bahasa Indonesia tahun ajaran 2011/2012

Contoh soal bahasa Indonesia tahun ajaran 2011/2012


 Hujan Meteor Melanda Australia
          Peristiwa alam yang terjadi hanya 33 tahun sekali ini seringkali disebut badai meteor. Badai meteor yang dapat dilihat dengan mata telanjang itu memang terlihat sangat indah di malam hari. Kilatan-kilatan cahaya di langit itu tampak seperti kembang api.
          Di Australia, sebuah meteor jatuh menimpa sebuah rumah penduduk di Dunbogan, pantai timur Australia. Peristiwa yang terjadi tanggal 15 Desember 1999, saat fajar itu, semula dikira sebuah peluru kendali misterius. Setelah petugas datang untuk menyelidiki, ternyata hanya sebuah benda sebesar butiran kacang.
          Luar biasa! Benda sekecil itu mampu membuat lubang cukup besar waktu menerobos atap rumah. Jatuhnya benda luar angkasa dari puing komet ini merupakan yang ketiga menimpa kawasan pantai timur Australia dalam seminggu. Yang pertama sebesar bola golf jatuh ke bendungan Guyra, dan yang kedua jatuh dekat tempat tidur di sebuah rumah di Melbourne.
                                                                   
                                                                   (Sumber: Majalah Bobo Tahun XXVII)

1.   
Peristiwa yang terjadi pada tanggal 15 Desember 1999 di Australia adalah jatuhnya ........
A.
badai meteor di atas rumah-rumah penduduk di Dunbogan
B.
sebuah meteor sebesar bola golf di bendungan Guyra
C.
sebuah meteor di dekat tempat tidur sebuah rumah di Melbourne
D.
sebuah meteor sebesar butiran kacang di atas sebuah rumah penduduk di Dunbogan

2.   
Hal yang dianggap luar biasa pada bacaan soal nomor di atas adalah ........
A.
benda sebesar butiran kacang mampu membuat lubang cukup besar saat menerobos atap rumah
B.
badai meteor yang berada jauh di angkasa dapat dilihat dengan mata telanjang
C.
benda kecil yang mampu membuat lubang besar saat menerobos atap rumah itu ternyata sebuah peluru kendali
D.
dalam waktu seminggu Australia ditimpa meteor di tiga tempat yang berbeda atas sebuah rumah penduduk di Dunbogan.

3.   
Kalimat pada bacaan Soal yang menunjukkan kekaguman akan keindahan peristiwa alam adalah ........
A.
Badai meteor itu dapat dilihat dengan mata telanjang.
B.
Kilatan-kilatan cahaya di langit itu tampak seperti kembang api.
C.
Badai meteor itu tampak di atas langit.
D.
Luar biasa! Benda sekecil itu mampu membuat lubang cukup besar

4.   
                                    Formulir Pendaftaran
Nama                                :  Andri Yudhistira
Tempat dan Tanggal lahir    :  ........
A.
Medan: 17 Maret 2000
B.
Medan, 17 Maret 2000
C.
Medan 17 Maret 2000
D.
Medan; 17 Maret 2000

5.   
Semalam Ibro menonton televisi hingga larut malam. Bangun pun ia kesiangan. Ibro segera mandi dan bergegas pergi ke sekolah, tetapi tetap saja ia terlambat lebih dari setengah jam. Ketika masuk kelas, Pak Guru menyapa Ibro. "Pagi benar kau datang!" Semua teman tertawa melihat Ibro yang kebingungan.
Kalimat di atas yang merupakan sindiran ialah ........
A.
Bangun pun ia kesiangan.
B.
Semua teman tertawa melihat Ibro yang kebingungan.
C.
Tetapi tetap saja ia terlambat lebih dari setengah jam.
D.
"Pagi benar kau datang!"

6.   
Di bawah ini yang bukan akronim ialah ........
A.
prakiraan
B.
balita
C.
Kowad
D.
Calistung

7.   
Ujang si pencuri itu akhirnya ditangkap dan dipenjara. Tidak hanya Ujang yang dibenci, seluruh keluarganyapun dibenci dan dikucilkan penduduk desanya.
Peribahasa yang tepat untuk pernyataan di atas ialah ........
A.
Tak ada gading yang tak retak.
B.
Air cucuran atap jatuhnya ke pelimbahan juga.
C.
Air susu dibalas dengan air tuba
D.
Karena nila setitik, rusak susu sebelanga.

8.   
Perhatikan gambar di bawah!
http://www.sekolahkami.com/banksoal/sd6indlat001/P01D6EBT0121000015A.gif

Menurut pendapat saya, perilaku kedua anak itu adalah ........
A.
tidak terpuji, karena setiap masalah dapat diselesaikan dengan baik.
B.
boleh saja dilakukan asal tidak merugikan orang lain.
C.
biasa-biasa saja, sebentar lagi juga berbaikan.
D.
bagus sekali, karena berani mempertahankan prinsipnya.

9.   
Puisi
........
Di kaki bukit nan hijau,
di keteduhan pohon tua merindang.
Suara serulingnya mengalun merdu.
Melagukan nyanyian pelipur jiwa.

Sementara ia menunggu,
ternak dombanya merumput lahap
hingga petang datang menjelang
digiringnya pulang ke kandang.


Puisi di atas sangat tepat jika diberi judul ........
A.
Peternak Domba
B.
Sekawanan Domba
C.
Serulingku
D.
Gembala

10.   
http://www.sekolahkami.com/banksoal/sd6indlat001/P01D6EBT0121000022A.gif
Perhatikan gambar di atas!
Pokok pikiran yang dapat dikembangkan menjadi sebuah paragraf sesuai gambar di atas ialah ........
A.
Mematuhi peraturan lalu-lintas.
B.
Naik angkutan kota.
C.
Pak polisi sedang menunjuk.
D.
Kemacetan di jalan raya.

11.   
Penggunaan istilah pada kalimat berikut yang tepat adalah ........
A.
Selama hidupnya baru kali ini ia mendapat kontraktor dari perusahaan.
B.
Perdagangan dalam bidang jasa melalui iklan media cetak sangat efektif dan efisien.
C.
Koreografer itu sedang memotret pertunjukan teater itu.
D.
Sutradara itu sedang sibuk mengatur kostum pemain drama itu.

12.   
Penggunaan kata kerja berpartikel yang benar terdapat pada kalimat ........
A.
Bu Ratna menceritakan atas sejarah Kerajaan Majapahit.
B.
Sejak kecil anak itu selalu menuruti atas nasihat orang tuanya.
C.
Surti tidak mengetahui tentang jawaban soal matematika itu.
D.
Sekarang dia menyesal atas perbuatan yang dilakukannya.

13.   
Paragraf yang dikembangkan dari pengalaman pribadi terdapat pada ........
A.
Hampir saja aku tenggelam, jika aku tidak memegang kaki temanku yang pandai berenang. Kukira sungai itu dangkal. Aku tidak jera meskipun harus belajar berenang.
B.
Harga kebutuhan pokok masyarakat semakin meningkat. Keluhan masyarakat terdengar di mana-mana. Apa yang dapat mereka lakukan atau pasrah sajakah?
C.
Jika kita telah mengenal produk-produk dalam negeri, kita dapat menghargainya. Apalagi jika kita dapat membeli dan menggunakannya.
D.
Apa pun yang dikerjakannya selalu salah. Padahal jika diperhatikan, ia anak yang paling rajin di antara saudara-saudaranya.

14.   
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Campurkan dengan santan dan tepung beras. (2) Celupkan cetakan kembang goyang ke dalam adonan kemudian celupkan ke dalam minyak panas. (3) Kocok telur bersama gula sampai gula hancur. (4) Aduk adonan hingga licin. (5) Goreng sampai matang.
Untuk membuat paragraf yang baik, kalimat-kalimat di atas harus disusun dengan urutan nomor ........
A.
(1), (2), (3), (4), (5)
B.
(1), (3), (2), (4), (5)
C.
(3), (4), (1), (2), (5)
D.
(3), (1), (4), (2), (5)

15.   
Menyimak adalah aktivitas telinga dalam menangkap pesan yang diperdengarkan. Kegiatan tersebut memiliki tujuan yang jelas dan ketercapaiannya dilihat melalui hasil pengukuran terhadap pemahaman pendengar. Wujudnya berupa mendengarkan ceramah, pidato, radio, atau yang lain. Waktunya dibatasi, misalnya 10 atau 15 menit.
Gagasan pokok paragraf tersebut adalah ........
A.
definisi menyimak
B.
tujuan menyimak
C.
wujud menyimak
D.
waktu menyimak

16.   
Kemarau panjang tahun lalu membuat para petani merugi. Tanah-tanah sawah menjadi kering. Tanaman padi banyak yang mati. Akibatnya, petani mengalami gagal panen. Kesimpulan paragraf tersebut adalah ........
A.
Para petani mengalami kerugian yang banyak.
B.
Pada musim kemarau petani gagal panen.
C.
Tanah-tanah sawah menjadi kering.
D.
Tanaman padi banyak yang mati.

17.   
Ada jutaan anak usia sekolah di Indonesia terpaksa berhenti sekolah. Bukan kemauan mereka berhenti sekolah dan bukan pula kemauan orang tuanya. Keadaanlah yang menyebabkan semua itu. Untuk membantu mereka, peranan orang tua asuh sangat diperlukan. Akan tetapi, untuk mewujudkan program orang tua asuh diperlukan dukungan dari semua pihak yang terkait.
Rangkuman paragraf tersebut yang tepat adalah ........
A.
Banyak anak di Indonesia berhenti sekolah karena tidak mendapat perhatian dari orang tua asuh dan dukungan dari masyarakat.
B.
Anak-anak di Indonesia berhenti sekolah karena kemampuan mereka kurang dan mereka tidak mendapat bantuan dari orang lain.
C.
Anak-anak Indonesia banyak yang tidak sekolah disebabkan oleh kurangnya bantuan dari pihak yang terkait.
D.
Banyak anak usia sekolah di Indonesia berhenti sekolah karena faktor keadaan dan peranan orang tua asuh yang sangat diperlukan.

18.   
Maringan tumbuh di tengah-tengah keluarga yang hidupnya pas-pasan. Bahkan, boleh dikatakan serba kekurangan. Peristiwa pahit dialaminya ketika memutuskan untuk berhenti sekolah karena tidak bisa membayar SPP. Merasa malu, dia pun merantau ke Jakarta dengan satu tekad menundukkan Ibukota.

Tanggapan yang tepat untuk bacaan tersebut adalah ........
A.
Untuk apa Maringan merantau ke Jakarta.
B.
Menurut saya, Maringan lebih baik tetap tinggal di kampungnya.
C.
Sebaiknya, Maringan bekerja saja di Medan untuk membiayai sekolahnya.
D.
Menurut saya, sangat sulit menundukkan Ibukota.

19.   
Perhatikan gambar di bawah!
http://www.sekolahkami.com/banksoal/smp9indlat002/P01P3EBT0120000006A.gif
Pernyataan yang tepat, sesuai dengan grafik tersebut adalah ........
A.
Tabungan Koperasi Siswa menurun pada bulan Desember 1996 dan Januari 1997.
B.
Tabungan Koperasi Siswa meningkat pada bulan Desember 1996 dan Januari 1997.
C.
Tabungan Koperasi Siswa bulan Desember 1996 dan Januari 1997 hampir sama.
D.
Tabungan Koperasi Siswa tidak meningkat pada bulan Desember 1996 dan Januari 1997

20.   
Ramuan obat bikinan (1) tradisional ini mendatang (2) dipotongnya (3) anggota tubuh bagi para penderita kencing manis dan redakan (4) penyakit sampingan lain dari kencing manis.

Kata yang bercetak miring tersebut tepat diperbaiki dengan kata ........
A.
buatan, menegaskan, memotong, dan menghindari
B.
buatan, menghindari, pemotongan, dan meredakan
C.
produksi, menghindari, pengoperasian, dan menyembuhkan
D.
produktifitas, membantu, pemotongan, dan menghilangkan



21.   
Pada liburan yang akan datang, saya sekeluarga akan ke Yogyakarta mengunjungi Candi Borobudur dan Prambanan. Saya sangat senang jika kamu bisa ikut serta. Oleh karena itu, kedatanganmu saya tunggu.

Maksud surat tersebut adalah ........
A.
Mengharapkan kedatangan teman untuk berlibur bersama-sama.
B.
Memberi informasi tentang rencana liburan yang akan datang.
C.
Mengajak pergi ke Yogyakarta bersama-sama anggota keluarga.
D.
Merencanakan pergi bersama-sama ke Candi Borobudur dan Prambanan.

22.   
Untuk menarik dan meningkatkan minat baca para siswa serta memasyarakatkan gemar membaca buku, pustakawan sekolah menyampaikan maksudnya melalui poster.

Poster yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ........
A.
Hidup kita lebih sempurna bila kita cinta dengan buku.
B.
Tanpa buku kita semakin merasa kurang percaya diri.
C.
Karena membaca itu penting maka kita harus dekat dengan buku.
D.
Rajin membaca buku berarti kita tak mau ketinggalan ilmu.

23.   
Pada ulang tahun sekolah, Panitia akan mengadakan Gelar Tari Tradisional. Susunan acara yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah ........
A.
1. Pembukaan
2. Sambutan-sambutan
3. Laporan Panitia
4. Gelar Tari Tradisional
5. Penutup
B.
1. Pembukaan
2. Laporan Panitia
3. Sambutan-sambutan
4. Gelar Tari Tradisional
5. Penutup
C.
1.Pembukaan
2. Gelar Tari Tradisional
3. Sambutan-sambutan
4. Laporan Panitia
5. Penutup
D.
1. Pembukaan
2. Sambutan-sambutan
3. Laporan Panitia
4. Penutup
5. Gelar Tari Tradisional

24.   
Paragraf yang memiliki hubungan perbandingan adalah ........
A.
Walaupun datang terlambat, itu lebih baik daripada tidak datang sama sekali. Memang datangnya sangat terlambat. Rapat dimulai pukul 10.00, ia datang hampir pukul 12.15.
B.
Ketika mendengar kabar itu, tiba-tiba hatinya terhenyak. Ia terkejut karena di luar dugaan pikirannya. Tak disangka akan terjadi peristiwa yang mengejutkan itu.
C.
Setelah menunggu beberapa saat, datanglah apa yang diharapkan. Narnun, apa yang terjadi. Ia terperanjat seketika itu karena apa yang diharapkan tidak kunjung tersedia.
D.
Ia memang anak cerdas. Persoalan apa pun yang ia hadapi senantiasa dapat diselesaikan dengan baik. Banyak di antara temannya iri kepadanya.

25.   
1. Siapkan alat penggoreng beserta kelengkapannya. 2. Nyalakan kompor. 3. Masukkan telur ke dalam penggoreng. 4. Taburkan garam secukupnya. 5. Panaskan minyak goreng secukupnya. 6. Biarkan beberapa menit. 7. Bila sudah matang angkatlah dan siap dihidangkan.

Urutan menggoreng telur ceplok yang tepat adalah ........
A.
1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7
B.
1 - 2 - 5 - 3 - 4 - 6 - 7
C.
1 - 2 - 3 - 7 - 5 - 6 - 4
D.
1 - 2 - 5 - 6 - 3 - 4 - 7

26.   
Paragraf yang tepat penulisan tanda bacanya adalah ........
A.
Pada abad ke XXI ini kita harus semakin peduli. Masih banyak saudara kita hidupnya serba kekurangan. Mereka sangat memerlukan bantuan seperti bahan makanan, pakaian, obat-obatan dan tempat tinggal.
B.
Pada abad ke 21 ini kita harus semakin peduli. Masih banyak saudara kita hidupnya serba kekurangan. Mereka sangat memerlukan bantuan seperti, bahan makanan, pakaian, obat-obatan, dan tempat tinggal.
C.
Pada abad ke-21 ini kita harus semakin peduli. Masih banyak saudara kita hidupnya serba kekurangan. Mereka sangat memerlukan bantuan, seperti bahan makanan, pakaian, obat-obatan, dan tempat tinggal.
D.
Pada abad ke dua puluh satu ini kita harus semakin peduli. Masih banyak saudara kita hidupnya serba kekurangan. Mereka sangat memerlukan bantuan seperti bahan makanan; pakaian; obat-obatan; dan tempat tinggal.

27.   
(1) Buku yang berjudul "Jalan Lain ke Roma" menceritakan kehidupan sikap jujur Open. (2) Dalam cerita tersebut diungkapkan pemasyarakatan dan berterus terang. (3) Dari Cerita tersebut dapat kita contoh sifat jujur dari tokohnya. (4) Dalam cerita tersebut Open diceritakan berganti-ganti pekerjaan mula-mula menjadi guru, mualim, kemudian pengarang.
Keunggulan ulasan buku tersebut terdapat pada kalimat nomor ........
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)

28.   
Setiap orang mempunyai kegemaran sendiri-sendiri. Kegemaran itu bermacam-macam. Kadang-kadang ada yang aneh-aneh: ada yang gemar mendaki gunung, ada yang gemar memelihara hewan, ada yang gemar menonton film, bermain catur, dan mengumpulkan kartu telepon. Singkatnya macam-macamlah kegemaran orang yang biasa juga disebut dengan hobi.
Topik paragraf tersebut adalah ........
A.
bermacam-macam kegemaran orang
B.
kegemaran mendaki gunung
C.
mengumpulkan kartu telepon
D.
gemar memelihara hewan

29.   
http://www.sekolahkami.com/banksoal/smp9indlat003/P01P3EBT0119000003A.gif
Pertanyaan yang jawabannya sesuai dengan denah tersebut di atas adalah ........
A.
Benarkah Plumpang Semper disebelah barat Jln. Yos Sudarso?
B.
Benarkah Kodim terletak di sebelah timur Jln. Yos Sudarso?
C.
Benarkah Kantor Walikota disebelah utara Kantor Pertamina?
D.
Benarkah Kantor Telkom disebelah selatan Gelanggang Remaja?

30.   
(1) Kapal pesiar adalah perahu layar atau kapal kecil yang sangat baik digunakan untuk rekreasi pada waktu luang. (2) Pada umumnya kapal pesiar ada dua macam, yaitu kapal yang tidak menggunakan mesin dan kapal yang menggunakan mesin. (3) Kapal layar bermesin yang lebih terkenal dengan sebutan kapal layar pesiar baik juga untuk sarana rekreasi. (4) Kapal layar pesiar biasanya digunakan oleh orang-orang kaya untuk berpesiar.
Kalimat berisi fakta pada paragraf tersebut ditandai dengan nomor ........
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)

    31.   
Penggunaan huruf kapital dalam kalimat berikut ini yang benar adalah .......
A.
Di teluk Jakarta terdapat Kepulauan Seribu.
B.
Di teluk jakarta terdapat Kepulauan Seribu.
C.
Di Teluk Jakarta terdapat Kepulauan seribu.
D.
Di Teluk Jakarta terdapat kepulauan seribu.

32.   
Yustito : "Nis, sudahkah kamu mendengar kabar gembira ?"
Hanis   : "Kabar apa Yus?"
Yustito : "Rencana sekolah kita"
Hanis   : "Rencana yang mana?"
Yustito : "Besok tanggal 9 Juli, sekolah kita akan mengadakan Persami."
Inti percakapan di atas adalah ......
A.
Tanggal 9 Juli sekolah mereka Persami.
B.
Hanis belum mengetahui kabar gembira.
C.
Rencana sekolah mereka bulan Juli.
D.
Yustito memberi kabar kepada Hanis.

33.   
Rina tampak gelisah sebentar-sebentar ia melihat keluar. Ia mengharap adiknya cepat pulang. Ia tidak sabar, ingin segera menjenguk ibunya yang dirawat di rumah sakit.
Inti cuplikan cerita di atas adalah ......
A.
Rina mengharap adiknya cepat pulang.
B.
Adik Rina belum pulang.
C.
Rina ingin segera pergi menjenguk ibunya.
D.
Ibunya dirawat di rumah sakit.

34.   
(1) Setibanya di tempat telepon ia antri di depan telepon.
(2) Dewi berangkat ke tempat telepon umum.
(3) Ia membicarakan hal-hal yang penting saja.
(4) Dia menelepon temannya untuk belajar bersama.

Paragraf yang padu dari kalimat acak di atas ialah .......
A.
(1)-(2)-(3)-(4)
B.
(3)-(4)-(1)-(2)
C.
(2)-(1)-(3)-(4)
D.
(3)-(1)-(2)-(4)

35.   
Kalimat di bawah ini yang berketerangan tempat adalah .......
A.
Latif menghafalkan rumus geometri selama dua hari.
B.
Latif menghafalkan rumus geometri bersama temannya.
C.
Latif menghafalkan rumus geometri di ruang tamu.
D.
Latif menghafalkan rumus geometri karena disuruh guru.

36.   
Liburan yang lalu saya berlibur di rumah nenek. Di sana saya belajar menanam jagung di kebun nenek. Waktu saya akan pulang tanaman jagung itu sudah tumbuh dengan subur. Saya senang sekali dan saya berpesan kepada nenek supaya menjaga tanaman jagung saya ...... Saya menanyakan tanaman jagung saya. Setelah sebulan surat balasan pun datang.

Kalimat yang cocok untuk melengkapi bagian tengah cerita yang dihilangkan adalah .......
A.
Jagung saya ternyata sudah tumbuh.
B.
Sebulan kemudian saya mengirim surat kepada nenek
C.
Nenek menjual jagung ke pasar
D.
Nenek seorang petani yang berhasil

37.   
Kemumu di dalam semak
jatuh melayang selaranya
...................................
Isi yang paling sesuai dengan sampiran pantun di atas adalah .......
A.
Meski ilmu setinggi langit
tidak sembahyang apa gunanya
B.
Meski ilmu tinggi tegak
tidak sembahyang apa gunanya
C.
Meskipun ilmu sangat tinggi
tidak sembahyang apa gunanya
D.
Meski ilmu tinggi tegak
semua tiada berguna

38.   
Orang yang mengerjakan suatu pekerjaan karena ada maksud tertentu.
Peribahasa di bawah ini yang sesuai dengan maksud tersebut di atas adalah .......
A.
Ada gula ada semut.
B.
Asal ada, kecilpun ada.
C.
Ada udang di balik batu.
D.
Ada sama dimakan, tak ada sama ditahan.

39.   
Membeli obat sebaiknya di apotek.
Arti kata apotek adalah .......
A.
penjual obat-obatan
B.
pembuat obat-obatan
C.
pembeli obat-obatan
D.
tempat menjual obat-obatan

40.   
Ida mengatakan bahwa adiknya Juara Satu.
Kalimat langsung dari kalimat di atas adalah .......
A.
Ida berkata, "Adiknya Juara Satu."
B.
Ida berkata, "Adiknya saya Juara Satu."
C.
Ida berkata, "Adikku Juara Satu."
D.
Ida berkata, "Adik kita Juara Satu."